10 Cara Mengatasi Dan Penyebab HP Android Yang Sering Restart Dan Mati Sendiri, Lag, Macet

https://images.google.com/


Mati atau Ter-Restart sendiri bahkan sampai ga mau hidup lagi sering kali terjadi pada teknologi canggih jaman sekarang, kayak komputer dan gadget kita.


Saya sendiri sering ngalami hp android restart (mati sendri), mau itu di komputer ataupun HP Andorid saya yang mati sendiri. Hal ini terjadi ketika saya sedang asik internetan ataupun lagi maen game tiba – tiba komputer atau HP android langsung mati sendiri, yang apesnya pas lagi asik game. dan setelah ane cek ternyata komputer dan HP android ane suhu nya terlalu panas (Overheat). Hal ini terjadi karena faktor suhu yang ada di sekitar kita dan faktor kinerja dari hardware komputer maupun HP itu sendiri yang terus - terusan saya gunakan. Waktu itu saya lagi maen game pada saat siang hari yang sangat amat panas, dan tentunya ini berefek pada hardware komputer maupun HP yang ikut terasa sangat panas pula. dan komputer pun ter-restart dengan sendirinya T.T. Itu penyebab HP adnroid sering mati sendiri yang saya alami.

Lalu Apa Solusi Dari Permasalah HP Android Sering Restart Sendiri?
Setiap orang pasti punya masalah HP android mati sendiri yang berbeda – beda, apa yang saya alami belum tentu sama dengan apa yang sobat alami. Banyak faktor penyebab HP Android Restart sendiri salah satunya faktor dari software juga bisa menjadi penyebab smartphone android mengalami restart tiba – tiba. Untuk mengatasi masalah HP Android yang restart sendiri, sobat bisa baca tips beberapa penyebab dan cara mengatasi HP android sering mati sendiri  berikut ini.

Penyebab Smartphone Android Restart/ Mati Sendiri :
  1. Terlalu Banyak File Cache/Sampah Yang Menumpuk. Disini banyak yang mengabaikan file cache padalah ini termasuk faktor utama penyebab HP Android sering restart sendiri dan lag. tahu kah sobat setiap kali sobat membuka dan menjalankan suatu aplikasi itu akan memproduksi file cache atau file sampah  secara terus – menerus selama sobat menjalankan aplikasi tersebut. Dan jika file cache tersebut terus dibiarkan menumpuk dan tidak pernah sobat bersihkan itu bisa menyebabkan ponsel android menjadi Lag(terasa berat), sering error, force close tiba – tiba, hang, dan pada akhirnya restart dengan sendirinya.

  2. Aplikasi Yang Rusak. Jika ada aplikasi sobat yang error, susah untuk dibuka/jalnkan, berhenti tiba – tiba, muncul pesan error, force close ini bisa menjadi salah satu kemungkinan smartphone android sobat restart sendiri. Beberapa file aplikasi yang tidak lengkap, rusak, atau tidak compatible membuat sistem android sering error, ini sering terjadi ketika sobat meng-install aplikasi yang didownload diluar Play Store.

  3. Sistem Android Error. Kalau sistem android mengalami kerusakan karena beberapa hal tertentu, mungkin sobat gak sengaja menghapus file sistem yang ada di HP sobat maka secara tidak langsung hal tersebut akan membuat sistem android menjadi error, hang, restart sendiri.

  4. Sobat Telah Melakukan Root Pada Android. Untuk yang suka mengoprek android Root memang akan memudahkan sobat dalam mengoprek Android, tapi sesungguhnya root tidak baik untuk smartphone itu sendiri. Dengan melakukan root sobat bisa melakukan banyak hal seperti : mengakses sistem yang sebelumnya tidak bisa diakses, menginstall game HD yang sebelumnya tidak bisa di install, dan masih banyak lagi. Tapi terkadang dibeberapa kasus Nge-root HP bissa menyebabkan file sistem error, kemungkinan terjadi crash pada file tertentu dan mengakibatkan Android mati sendiri.

  5. Overload Pada CPU, RAM dan GPU. Beban yang terlalu banyak atau berat dapat menyebabkan HP Android menyerah untuk menangai semuanya (sama kayak beban hidup haha). Terlalu banyak aplikasi yang sobat buka akan akan menyebabkan HP tidak sanggup melakukan semuanya. Setiap smartphone mempunyai batasan kemampuan yang berbeda – beda, karena itulah sebagai penguna yang bijak sobat jangan suka memaksakan sesuatu yang memang tidak mampu dilakukan oleh smartphone sobat, ini juga biasa terjadi jika sobat menjalankan Game HD pada smartphone sobat. Overload pada hardware utama seperti CPU, RAM dan GPU akan membuat hang, dan pada akhirnya HP sobat akan restart/mati sendiri.

  6. HP Terlalu Panas (Overheat). Biasanya bagian yang sering terlalu panas itu terjadi pada baterai smartphone. Dan jika baterai panas itu akan merambat ke hardware lain seperti RAM, Processor, dan lain – lainnya dan itu akan menyebabkan smartphone sobat restart atau mati sendiri. Segala jenis teknologi seperti smartphone memang dirancang untuk melakukan restart sendiri apabila suhu hardware menajdi sangat panas. Ini juga sering terjadi pada komputer.

  7. HP Sobat Sudah Ketinggal Jaman Atau Sudah Tua. HP yang sudah berumur diatas 3 tahun bisa dikatakan sudah tua ya kurang lebih sudah ketinggalan jaman laah hehe,untuk kualitas dan performa dari smartphone itu sendiri sudah pasti menurun. jadi  jika HP sobat sudah berumur alias sudah tua dan ketinggalan jaman, jagnan memaksakan HP  sobat untuk bekerja keras dalam memaksimalkan penggunaan, seperti menjalankan Game HD,dll.

  8. Terlalu Banyak Aplikasi Dan Game. Terlalu banyaknya Aplikasi dan game yang sobat isntal di android sobat bisa menyebabkan HP menjadi lelet atau lemot sehingga menyebabkan terjadinya error berturut – turut dan HP sobat restart dengan sendirinya. Nah untuk mengatasi masalah ini, sobat bisa membaca artikel beriku: Cara Simple Menambah Memori Internal

  9. HP Android Terkena Air. Ini juga termasuk faktor HP Android sobat sering mati sendiri, itu karena kompnonen hp sobat sudah terkena air dan dapat menyebabkan kerusakan yang fatal. Dan cara untuk memperbaikinya silahkan baca disini: 4 Cara Mudah Memperbaiki HP Android Terkena Air

  10. Terkena Serangan Virus. Virus adalah ancaman bagi semua sistem operasi, baik itu pada komputer maupun smartphone. 1 saja terkena virus yang berbahaya bisa – bisa menyebabkan semua sistem yang ada di smartphone sobat rusak total. Contoh sederhananya HP android restart sendiri, kemungkinan virus tersebut masuk pada sistem reboot yang menyebabkan smartphone sobat sering restart sendiri. Sebaiknya sobat memakai anti virus handal untuk menghapus dan mencegah serangan virus ke sistem android.

Dari penyebab di atas pasti sobat sudah tau apa permasalah yang terjadi pada smartphone android sobat. Nah untuk cara mengatasi  HP Android Sering Restart Dan Mati Sendiri, Lag, Macet , silahkan sobat simak tips dan trik untuk memperbaiki smartphone android yang sering mengalami restart sendiri berikut ini.


Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Restart Sendiri :
  1. Hapuslah File Cache Android Sobat. Jika sobat tidak pernah atau malas menghapus file cache atau sampah sebaiknya mulai sekarang sobat harus sering menghapus file cache agar smartphone sobat tidak terasa berat dan lemot. Jangan pusing tuju keliling, membersihkan file cache di Android sangatlah mudah. Sobat bisa melakukannya dengan menginstall aplikasi pihak ke tiga seperti Clean Master maka semua file cache di smartphone sobat bisa dihapus. Cukup hanya dengan sekali tap pada smartphone sobat maka semua file junk, cache, dan history bisa dibersihkan secara total.

  2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Compatible Pada Android Sobat. Disini mungkin sobat merasa Kesusahan dalam membedakan mana aplikasi yang compatible dan tidak compatible pada smartphone sobat. Sebenarnya caranya sangat sederhana, ketika sobat menjalankan sebuah aplikasi atau pun game dan sering mengalami error atau muncul pesan error seperti tiba - tiba aplikasi force close itu artinya aplikasi atau game tersebut tidak compatible. Ini biasa terjadi karena OS Android, dan Spesifikasi smartphone sobat tidak sanggup untuk aplikasi tersebut.

  3. Unroot HP Android sobat. Kalau sebelumnya sobat sudah nge-root HP android sobat, dan setelah di root smartphone sobat malah sering mengalami restart sudah jelas bahwa “root” lah penyebabnya. Coba Unroot android sobat agar android bisa berjalan dengan normal kembali. Gunakan aplikasi pihak ketiga Unroot untuk menghapus rooted yang sobat lakukan.
    .
  4. Instal Aplikasi Anti Virus. Pasang Anti Virus untuk menghapus dan mencegah semua virus agar tidak bisa masuk dan merusak sistem android sobat. Berikut beberapa Anti virus yang sering digunakan orang lain anatara lain AVG, CM Security, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan anti virus – antivirus lainnya. INGAT pilih salah satu saja diantara anti virus yang saya sebutkan tadi, jangan install semuanya agar tidak terjadi crash sofwer seperti yang saya sebutkan diatas. Aplikasi diatas bisa sobat unduh melalui Google Play Store.
  5. Hapus Aplikasi Dan Game. Hapus aplikasi dan game yang membuat smartphone android sobat menjadi lelet/lag. jika sobat memasang Game HD yang kurang compatible dengan OS Android sobat maka sebaiknya hapus saja. Agar smartphone tidak sering terjadi error, rusak, atupun restart sendiri.
  6. Reboot Smartphone. Matikan smartphone android sobat, lalu cabut baterai, SIM Card, dan SD Card (Micro SD) atau bahasa gaulnya di dedel (LOL). Lalu biarkan beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke smartphone. Setelah beberapa saat pasang semuanya dan nyalakan lagi android sobat.
  7. Coba Ganti SIM Card Sobat. Tahukah sobat ada beberapa kasus yang menyebabkan android restart  sendiri yang disebabkan oleh SIM Card, entah apa penyebabnya tapi itu memang benar terjadi.  Coba sobat ganti SIM Card android dengan SIM Card yang lain atau yang baru, yah semoga saja tidak terjadi restart tiba – tiba lagi.
  8. Factory Reset Atau Reset Pabrik. Ini adalah jalan terakhir dan satu - satunya jika semua cara  diatas tidak berhasil juga, yaitudengan mengembalikan smartphone ke kondisi semula ketika baru pertama kali beli (Pengaturan Pabrik). Sebelum melakukan Factory Reset Atau Reset Pabrik Backup dulu semua data penting yang ada di smartphone sobat agar tidak hilang dan nantinya bisa sobat kembalikan lagi. Caranya masuk pada menu Pengaturan » Backup & Riset » Factory Data Reset, lalu tap “Reset Phone”.

Jika dengan tips – tips yang saya berikan diatas tidak juga membuahkan hasil sama sekali, cara terakhir dan benar - benar terakhir adalah LEMBIRU yaitu Lempar Beli Baru hahaha, becanda gan/sis. Jika tips – tips yang saya berikan diatas tidak juga membuahkan hasil sama sekali coba sobat bawa HP Android sobat ke tukang servis HP yang lebih propesional. sekian tips dan trik saya.





pencarian terkait :

HP Android sering mati
Android sering restart sendiri
Android sering reset/mati sendiri
Cara Mengatasi HP Android Yang Sering Restart Dan Mati Sendiri
Penyebab hp mati sendri
Penyebab hp sering restart sendiri
Cara mengatasi hp restart sendiri
Cara mengatisi HP android smartphone suka mati dan restart sendri
Cara mengatasi hp suka mati sendiri

0 komentar