Tuesday, March 27, 2018

Cara Melakukan MultiBoot Pada OS Windows, Linux, MacOS

Cara Melakukan MultiBoot Pada OS Windows, Linux, MacOS

Cara melakukan MultiBoot di OS (Operating System) Windows, Linux, MacOS | kali ini saya akan berbagi cara membuat dualboot atau multiboot windows di flashdisk (FD). dualboot atau biasa disebut multiboot ialah penggunaan dua OS (Operating System) windows,linux atau MacOS , jadi sobat bisa instal dua atau lebih OS bootable di flashdisk.

Bagi sobat yang mungkin seorang tekhnisi (tukang install) komputer atau laptop pastinya sangat penting memiliki dual boot windows karena akan lebih praktis dan efesien ketika akan digunakan untuk instal ulang windows di laptop maupun komputer.

Sehingga kita ga perlu menyediakan banyak flashdisk hanya untuk jenis windows atau OS (Operating System) yang berbeda karena sudah dalam satu di flashdisk, selain itu dengan menggunakan flashdisk akan lebih praktis ketika dibawa kemana - mana dan lebih awet dibandingkan menggunakan kaset dvd atau cd yang sering mudah rusak

Ada banyak software yang bisa kita gunakan untuk melakukan multi boot pada windows, namun disini saya akan menggunakan Sofwer WinUSB karena menurut saya aplikasi ini lebih mudah digunakan, ukuranya kecil, ringan, portable dan tentu saja pastinya Gratis. Nah langsung saja untuk buat dual boot di OS Windows, Linux, MacOS silahkan sobat simak langkah demi langkah dibawah ini.

Bahan – Bahan Yang dibutuhkan :

  • WinUSB – multiboot
  • Flashdisk mini kapasitas 8GB atau bisa juga menggunakan MMC Sd Card ( lebih besar kapasitasnya lebih baik)


PENTING FLASHDISK HARUS DALAM KEADAAN KOSONG (TIDAK ADA DATA PENTING DI DALAMNYA) KARENA DALAM PROSES FLASHDISK AKAN TER-FORMAT SECARA OTOMATIS, SILAHKAN SOBAT BACKUP TERLEBIH DAHULU DATA YANG ADA PADA FALSHDISK.

Cara Membuat DualBoot Windows di Flashdisk :

Disini saya akan membuat dualboot windows 7 dan windows 10 di flashdisk. cara ini juga bisa sobat gabungkan untuk windows lainya seperti windows xp, 8, 8.1 atau menggabungkan OS lain seperti Linux, MacOS, dll sesuai keinginan dan kebutahan sobat.
  1. Pertama pastikan flashdisk sudah terdeteksi di laptop/komputer lalu buka WinUSB
  2. Silahkan klik gambar kaset yang bertulisan ISO lalu pilih dan masukan master file iso, pertama saya akan masukan windows 7 64bit, klik Ok.
  3. Selanjutnya klik lagi gambar kaset yang yang bertulisan ISO dan saya akan masukan file windows yang kedua yaitu windows 10 (disini terserah sobat ingin memilih mana dulu yang akan di masukan)
  4. Jika semua windows atau OS sudah sobat masukan lalu Klik Next
  5. Centang NTFS dan klik Yes
  6. Nanti akan tampil peringatan "Warning" klik saja Yes, saya ingatkan lagi ini adalah proses untuk mem-format flashdisk, jadi akan menghapus semua data yang ada di flashdisk.
  7. Tunggu proses Formatting sampai selesai.
  8. Setelah formatting selesai akan ada proses burning silahkan tunggu sampai selesai.
  9. Apabila proses sudah sukses 100% akan muncul popUp "Finished", silahkan klik OK dan sobat sudah bisa melepas flashdisk dari pc/laptop.
  10. Terakhir silahkan sobat coba, jika berhasil nanti ketika waktu masuk boot akan muncul "Windows Distributions".



Itulah Cara Membuat MultiBoot Pada OS Windows, Linux, MacOS. Semoga tips yang saya berikan bermanfaat. jika ada pertanyaan silahkan berikan dikomentar.




TAG:
Cara Melakukan MultiBoot Pada OS Windows
Cara Melakukan dualBoot Pada OS Windows
Cara membuat MultiBoot Pada Windows
Cara buat MultiBoot Windows
Cara buat dualBoot Windows

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon